Berbagai jenis aplikasi
Delphi memungkinkan Anda untuk membuat GUI ( Graphical User Interface ) atau Console ( teks saja ) aplikasi ( program ) bersama dengan banyak jenis lainnya . Kami akan menyibukkan diri di sini dengan umum , modern , aplikasi GUI .
Delphi melakukan banyak pekerjaan untuk kita - programmer hanya menggunakan mouse untuk klik , drag, ukuran dan posisi bagian grafis untuk membangun setiap layar aplikasi .
Setiap bagian ( atau elemen ) dapat pasif ( menampilkan teks atau grafis ) , atau aktif ( merespon mouse pengguna atau tindakan Keyboard ) . Tindakan ini dapat membantu Anda dengan blog hosting juga.
Hal ini diilustrasikan dengan program yang sangat sederhana .
Membuat program sederhana ' Hello World '
Ketika Anda pertama kali menjalankan Delphi , ia akan mempersiapkan di layar aplikasi grafis baru . Ini terdiri dari sejumlah jendela , termasuk menu bar , editor kode , dan layar pertama (bentuk ) dari program kami . Jangan khawatir tentang jendela editor saat ini .
Bentuknya harus terlihat seperti ini :
Kami telah menunjukkan bentuk mengurangi ukuran untuk kenyamanan di sini, tapi Anda akan merasa lebih besar pada komputer Anda . Ini adalah bentuk kosong , ke mana kita dapat menambahkan berbagai kontrol dan informasi . Jendela menu memiliki deretan item grafis yang dapat Anda tambahkan ke form . Mereka berada dalam kelompok tab : Standard , Tambahan , Win32 dan sebagainya.
Kami akan memilih yang paling sederhana dari koleksi Standar . Klik pada Sebuah gambar untuk memilih Label . Ini A kemudian akan tampil sebagai dipilih:
Setelah memilih elemen grafis , kita kemudian menandai pada form di mana kita ingin menempatkan elemen . Hal ini dilakukan dengan mengklik dan menyeret . Ini memberi kita bentuk elemen pertama kami :
Mengubah sifat elemen grafis
Perhatikan bahwa elemen grafis berisi Label1 teks serta sudut resize . Teks ini disebut Caption , dan akan muncul ketika kita menjalankan aplikasi. Keterangan ini disebut Properti dari label . Label memiliki banyak sifat-sifat lainnya seperti tinggi dan lebar , tetapi untuk sekarang , kita hanya peduli dengan judul .
Mari kita kosong keluar judul . Kami melakukan ini di jendela disebut Object Inspector ( tersedia di bawah menu View item jika tidak sudah ada ) :
Menambahkan elemen layar aktif
Jika sekarang kita kembali ke koleksi elemen grafis standar , dan pilih tombol , ditampilkan sebagai tombol sangat kecil dengan OK di atasnya , kita dapat menambahkan ini ke formulir sebagaimana ini:
Kami sekarang memiliki label dan tombol pada formulir. Tapi tombol akan melakukan apa-apa ketika ditekan sampai kita memberitahu Delphi apa yang ingin kita lakukan.
Jadi kita harus menetapkan suatu tindakan , disebut Acara , untuk tombol . Acara utama untuk tombol adalah Klik . Hal ini dapat diaktifkan hanya dengan mengklik ganda tombol pada formulir .
Ini secara otomatis akan menambahkan sebuah acara yang disebut OnClick untuk tombol , dan menambahkan sebuah event handler yang terkait dalam kode program :
Kode ini 'tulang ' tidak akan melakukan apapun seperti berdiri . Kita harus menambahkan beberapa kode . Kode yang kita tambahkan akan dijalankan ketika tombol diklik . Jadi mari kita mengubah caption label ketika tombol ditekan .
Seperti yang kita ketik , Delphi membantu kita dengan daftar pilihan yang mungkin untuk item yang kami kerjakan. Dalam contoh kita , kita sedang mengatur keterangan Label :
Disini anda melihat bahwa Delphi telah mencatatkan seluruh tindakan yang tepat yang dimulai dengan ca . Jika kita tekan Enter , Delphi akan menyelesaikan item yang dipilih dalam daftar. Kami menetapkan nilai teks ' Hello World ' ke properti caption . Perhatikan bahwa kita mengakhiri baris kode ini dengan : - semua kode Delphi laporan akhir dengan indikator ini . Hal ini memungkinkan kita untuk menulis perintah penyebaran di beberapa baris - menceritakan Delphi ketika kita telah selesai perintah .
Dan kita sekarang telah selesai tindakan kita sangat sederhana - kami akan mengatur label untuk ' Hello World ' ketika tombol ditekan .
Menjalankan program pertama kami
Untuk menjalankan program ini , kita bisa klik pada segitiga Hijau ( seperti tombol play Video ) , atau tekan F9 . Ketika program berjalan akan terlihat seperti ini :
Ketika kita klik pada tombol , kita mendapatkan :
dan program kami telah mengatur teks Label seperti yang kita diminta .
Perhatikan bahwa program ini masih berjalan . Kita bisa klik sebanyak yang kita suka dengan hasil yang sama . Hanya ketika kita menutup program dengan mengklik kanan atas X itu akan mengakhiri.
Melihat kode yang dihasilkan Delphi
Sementara kita hanya mengetik satu baris kode , Delphi telah diketik banyak untuk kita . Mari kita lihat pada kode program utama . Perhatikan bahwa kita memiliki komentar ditambahkan ( dalam warna hijau , dimulai dengan identifier / / komentar ) . Ini diabaikan oleh compiler Delphi , tetapi membantu coder memahami kode . Anda dapat mengklik pada setiap kata yang ditandai dengan warna biru untuk melihat informasi referensi untuk kata itu :
unit Unit1 ;
antarmuka
menggunakan
Windows, Messages , SysUtils , Varian , Kelas, Graphics , Controls , Forms ,
Dialog , StdCtrls ;
jenis
TForm1 = class ( TForm )
Label1 : TLabel ; / / Label kami telah menambahkan
Button1 : TButton ; / / Tombol kami telah menambahkan
Prosedur Button1Click ( Sender : TObject ) ;
pribadi
{ Deklarasi pribadi }
publik
{ Deklarasi publik }
akhir;
var
Form1 : TForm1 ;
implementasi
{ $ R * . DFM }
/ / Aksi Tombol kami telah menambahkan
procedure TForm1.Button1Click ( Sender : TObject ) ;
mulai
Label1.Caption : = ' Hello World '; / / Label berubah ketika tombol ditekan
akhir;
end .
Kode ini disebut Satuan dan merupakan modul Delphi - salah satu potongan kode . Jika Anda menyimpan kode ini , itu akan menghemat dalam file bernama Unit1.pas - file Pascal .
Unit ini terdiri dari dua bagian utama - bagian antarmuka , yang memberitahu unit apa tidak. Dan bagian pelaksanaan yang memegang kode yang mengimplementasikan antarmuka . Klik pada kata kunci unit kode untuk mempelajari lebih lanjut .
Belajar lebih ...
Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut , maka cobalah cara berikut :
1.Right klik pada formulir , dan pilih Lihat sebagai teks dari daftar drop-down . Ini akan menunjukkan bentuk , label dan sifat tombol .
2.View file program utama dengan memilih item menu Project / Lihat sumber . Ini akan menunjukkan kode yang dihasilkan Delphi untuk kick memulai program Anda . Ini termasuk referensi untuk Unit1.pas dan formulir Anda , dan memulai program Anda berjalan .
Delphi memungkinkan Anda untuk membuat GUI ( Graphical User Interface ) atau Console ( teks saja ) aplikasi ( program ) bersama dengan banyak jenis lainnya . Kami akan menyibukkan diri di sini dengan umum , modern , aplikasi GUI .
Delphi melakukan banyak pekerjaan untuk kita - programmer hanya menggunakan mouse untuk klik , drag, ukuran dan posisi bagian grafis untuk membangun setiap layar aplikasi .
Setiap bagian ( atau elemen ) dapat pasif ( menampilkan teks atau grafis ) , atau aktif ( merespon mouse pengguna atau tindakan Keyboard ) . Tindakan ini dapat membantu Anda dengan blog hosting juga.
Hal ini diilustrasikan dengan program yang sangat sederhana .
Membuat program sederhana ' Hello World '
Ketika Anda pertama kali menjalankan Delphi , ia akan mempersiapkan di layar aplikasi grafis baru . Ini terdiri dari sejumlah jendela , termasuk menu bar , editor kode , dan layar pertama (bentuk ) dari program kami . Jangan khawatir tentang jendela editor saat ini .
Bentuknya harus terlihat seperti ini :
Kami telah menunjukkan bentuk mengurangi ukuran untuk kenyamanan di sini, tapi Anda akan merasa lebih besar pada komputer Anda . Ini adalah bentuk kosong , ke mana kita dapat menambahkan berbagai kontrol dan informasi . Jendela menu memiliki deretan item grafis yang dapat Anda tambahkan ke form . Mereka berada dalam kelompok tab : Standard , Tambahan , Win32 dan sebagainya.
Kami akan memilih yang paling sederhana dari koleksi Standar . Klik pada Sebuah gambar untuk memilih Label . Ini A kemudian akan tampil sebagai dipilih:
Setelah memilih elemen grafis , kita kemudian menandai pada form di mana kita ingin menempatkan elemen . Hal ini dilakukan dengan mengklik dan menyeret . Ini memberi kita bentuk elemen pertama kami :
Mengubah sifat elemen grafis
Perhatikan bahwa elemen grafis berisi Label1 teks serta sudut resize . Teks ini disebut Caption , dan akan muncul ketika kita menjalankan aplikasi. Keterangan ini disebut Properti dari label . Label memiliki banyak sifat-sifat lainnya seperti tinggi dan lebar , tetapi untuk sekarang , kita hanya peduli dengan judul .
Mari kita kosong keluar judul . Kami melakukan ini di jendela disebut Object Inspector ( tersedia di bawah menu View item jika tidak sudah ada ) :
Menambahkan elemen layar aktif
Jika sekarang kita kembali ke koleksi elemen grafis standar , dan pilih tombol , ditampilkan sebagai tombol sangat kecil dengan OK di atasnya , kita dapat menambahkan ini ke formulir sebagaimana ini:
Kami sekarang memiliki label dan tombol pada formulir. Tapi tombol akan melakukan apa-apa ketika ditekan sampai kita memberitahu Delphi apa yang ingin kita lakukan.
Jadi kita harus menetapkan suatu tindakan , disebut Acara , untuk tombol . Acara utama untuk tombol adalah Klik . Hal ini dapat diaktifkan hanya dengan mengklik ganda tombol pada formulir .
Ini secara otomatis akan menambahkan sebuah acara yang disebut OnClick untuk tombol , dan menambahkan sebuah event handler yang terkait dalam kode program :
Kode ini 'tulang ' tidak akan melakukan apapun seperti berdiri . Kita harus menambahkan beberapa kode . Kode yang kita tambahkan akan dijalankan ketika tombol diklik . Jadi mari kita mengubah caption label ketika tombol ditekan .
Seperti yang kita ketik , Delphi membantu kita dengan daftar pilihan yang mungkin untuk item yang kami kerjakan. Dalam contoh kita , kita sedang mengatur keterangan Label :
Disini anda melihat bahwa Delphi telah mencatatkan seluruh tindakan yang tepat yang dimulai dengan ca . Jika kita tekan Enter , Delphi akan menyelesaikan item yang dipilih dalam daftar. Kami menetapkan nilai teks ' Hello World ' ke properti caption . Perhatikan bahwa kita mengakhiri baris kode ini dengan : - semua kode Delphi laporan akhir dengan indikator ini . Hal ini memungkinkan kita untuk menulis perintah penyebaran di beberapa baris - menceritakan Delphi ketika kita telah selesai perintah .
Dan kita sekarang telah selesai tindakan kita sangat sederhana - kami akan mengatur label untuk ' Hello World ' ketika tombol ditekan .
Menjalankan program pertama kami
Untuk menjalankan program ini , kita bisa klik pada segitiga Hijau ( seperti tombol play Video ) , atau tekan F9 . Ketika program berjalan akan terlihat seperti ini :
Ketika kita klik pada tombol , kita mendapatkan :
dan program kami telah mengatur teks Label seperti yang kita diminta .
Perhatikan bahwa program ini masih berjalan . Kita bisa klik sebanyak yang kita suka dengan hasil yang sama . Hanya ketika kita menutup program dengan mengklik kanan atas X itu akan mengakhiri.
Melihat kode yang dihasilkan Delphi
Sementara kita hanya mengetik satu baris kode , Delphi telah diketik banyak untuk kita . Mari kita lihat pada kode program utama . Perhatikan bahwa kita memiliki komentar ditambahkan ( dalam warna hijau , dimulai dengan identifier / / komentar ) . Ini diabaikan oleh compiler Delphi , tetapi membantu coder memahami kode . Anda dapat mengklik pada setiap kata yang ditandai dengan warna biru untuk melihat informasi referensi untuk kata itu :
unit Unit1 ;
antarmuka
menggunakan
Windows, Messages , SysUtils , Varian , Kelas, Graphics , Controls , Forms ,
Dialog , StdCtrls ;
jenis
TForm1 = class ( TForm )
Label1 : TLabel ; / / Label kami telah menambahkan
Button1 : TButton ; / / Tombol kami telah menambahkan
Prosedur Button1Click ( Sender : TObject ) ;
pribadi
{ Deklarasi pribadi }
publik
{ Deklarasi publik }
akhir;
var
Form1 : TForm1 ;
implementasi
{ $ R * . DFM }
/ / Aksi Tombol kami telah menambahkan
procedure TForm1.Button1Click ( Sender : TObject ) ;
mulai
Label1.Caption : = ' Hello World '; / / Label berubah ketika tombol ditekan
akhir;
end .
Kode ini disebut Satuan dan merupakan modul Delphi - salah satu potongan kode . Jika Anda menyimpan kode ini , itu akan menghemat dalam file bernama Unit1.pas - file Pascal .
Unit ini terdiri dari dua bagian utama - bagian antarmuka , yang memberitahu unit apa tidak. Dan bagian pelaksanaan yang memegang kode yang mengimplementasikan antarmuka . Klik pada kata kunci unit kode untuk mempelajari lebih lanjut .
Belajar lebih ...
Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut , maka cobalah cara berikut :
1.Right klik pada formulir , dan pilih Lihat sebagai teks dari daftar drop-down . Ini akan menunjukkan bentuk , label dan sifat tombol .
2.View file program utama dengan memilih item menu Project / Lihat sumber . Ini akan menunjukkan kode yang dihasilkan Delphi untuk kick memulai program Anda . Ini termasuk referensi untuk Unit1.pas dan formulir Anda , dan memulai program Anda berjalan .
0 komentar:
Posting Komentar